Kamis, 17 Desember 2009

Resep Soto Madura

Soto Madura merupakan jenis makanan berkuah paling popular di Indonesia. Bahkan setiap daerah di negeri ini memiliki soto kebanggaan dengan nama berbeda. Selain di Jawa dan Madura, masyarakat Sulawesi Selatan bangga dengan coto Makassar, warga Kalimantan memiliki soto Banjar. Ada juga soto Bandung, soto Betawi hingga soto Padang.

Selamat mencoba!

Bahan:
(untuk 4 porsi)
250 Gr daging sapi kisi
200 Gr tulang sapi
100 Gr bawang merah
50 Gr bawang putih
4 Butir kemiri
1 Jari lengkuas
1 Batang serai
½ Jari jahe
½ Jari kunyit
Garam secukupnya
Irisan daun seledri dan bawang goreng
Pelengkap:
Sambal kemiri, potongan jeruk nipis, telur rebus

Membuatnya:
1 - Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Cuci bersih daging dan tulang sapi, kemudian rebus dalam air mendidih. Sementara itu, haluskan bumbu-bumbu (kecuali lengkuas dan serai yang direbus bersama daging), tanpa ditumis masukkan bumbu halus ke dalam rebusan daging dan masak kembali hingga daging empuk. Angkat daging dan iris sesuai selera. Sisihkan.
2 - Siapkan nasi putih. Atur daging di dalam porsi saji, tambahkan telur rebus yang sudah dibelah dua. Siram dengan kuah soto panas. Taburi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng. Sajikan lengkap dengan sambal kemiri, potongan jeruk nipis, kecap manis atau asin. Sajikan panas-panas.
TIP
* Jika suka, bisa ditambahkan jerohan. Rasa kuah semakin mantap jika ditambahkan tulang-tulang sapi saat merebus daging.
* Citarasa soto Madura racikan Wawan ini mantap karena bumbu-bumbu tidak ditumis. Setelah dihaluskan, bumbu langsung dimasukkan ke dalam kuah. Jika ditumis pun tidak mengapa, “Tetapi tunggu dulu tiga jam agar bumbu menyatu dengan daging baru disajikan,” saran Wawan.
* Lengkuas, serai dan jahe tidak ikut dihaluskan. Namun dimasukkan utuh ke dalam rebusan daging, kemudian diangkat sesaat setelah daging empuk.
* Bubuhkan garam saat soto akan disajikan, jangan menambahkan garam saat merebus daging agar citarasa soto tetap segar.

Sumber: www.surya.co.id

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...