Kamis, 03 Desember 2009

Zero to Famous

Semalam tanggal 16 November 09 malam, kulihat trans7. Acara bukan empat mata dengan tema sucses and famous. Dengan bintang tamu pertama Caty Saron, bintang tamu kedua Sandy Sundoro (penyanyi Indonesia yang sedang kuliah di Jerman dan memenangkan festival menyani di negara Jerman dan Latvia) waow ... suaranya memukau... berkarakter seperti bintang berkelas dunia. Bintang tamu ketiga Juwita (anak penyanyi dangdut Anisa Bahar). Setelah acara selesai kupikir kenapa dia tidak menjadi bintang tamu bagi acaranya dia sendiri. Sukses ... Tukul kan juga sukses. Famous... dia kan juga terkenal... klop Tukul juga masuk kreteria jadi bintang tamu. Mungkin kejadiannya lebih lucu lagi kalo disetting seperti itu.

Siapa tak kenal Tukul Arwana? Host acara bukan empat mata, kini menjadi bintang yang bersinar. Dari senin sampai jum'at, penonton ttv dapat menikmati banyolannya di stasiun tran7. Kembali ke laptop. Puas...puas...dan orang ganteng, cover majalah sobek, menjadi kalimat yang ditunggu jutaan penonton setia Bukan empat mata.Banyak artis dan pejabat yang terpukau dengan fenomenal gaya host Tukul Arwana. Aktor tenama seperti Rano Karno memuji Tukul sebagai sworang yang punya talenta luar biasa sebagai pelawak. "Ngak nyangka aja, ternyata dia cerdas juga menimpali joke-joke bintang tamunya", kata Rano. Aktor kawakan seperti Almarhum Sophan Sopian juga ngefans dengan Tukul. Hal ini diungkapkan nya pada Dorce Show, "Rasanya saya pengen jadi pelawak setelah melihat acara tukul yang bisa membuat orang bahagia menonton nya, Lucu sekali...".

Pujian bertubi-tubi dari banyak orang, khususnya yang pernah menjadi bintang tamu di acaranya, tak membuat Tukul besar kepala. "Ibarat pohon, unutk tumbuh menjulang dan daunnya lebat. Butuh waktu lama dan harus terus dipupuk. Semua ini melalui proses panjang dan berliku, dan saya nggak pernah berhenti belajar" ujar Tukul merendah. Belajar dari masal alunya, Tukul tak mau sesumbar dengan keberhasilan yang kini diraihnya. Dia membutuhkan waktu lebih 12 tahun untuk menjadi seperti ini. Asam garam kehidupan sudah pernah dilakukannya. Mulai dari menjadi kernet, sopir, tidur di emperan, makan cuma mampu sekali sehari, tidur beralaskan tikar, semua sudah dia rasakan. Orang, apa yang mau disombongkan? Pada akhirnya dia hanya bisa bersyukur semua berlalu dan kini Tukul menuai hasil dari ketabahan dan kegigihannya untuk menjadi pelawak.

Tukul ingat betul bagai mana susahnya menjadi pelawak ibu kota. Meskipun sudah sering melawak di Semarang namun sulit bisa langsung manggung di Jakarta. Hanya karena malu pilang kampung dengan tangan kosong, Tukul berusaha tetep tinggal di Jakarta. Kerja keras tukul tak sia-sia, dia diterima sebagi pelawak radio humor SK, hingga bergabung di lenong rumpi. Sesekali wajahnya mulai tampil di televisi. Tukul dengan mengndalkan wajah culun nya ditawari menjadi bintang video klip joshua dalam lagu diobok-obok. Sejak itu tawaran mulai mengalir. Pada suatu hari, seorang konsultan program televisi asal Filipina, Apollo namanya, terpukau melihat penampilan Tukul dal acara Warung pojok di TV7. Dia langsung ditawari menjadi host empat mata. Awalnya dia menolak, katanya "masak pelawak jadi pembawa acara". Tpi dia dibujuk terus, katanya dia punya talenta, bisa ngelawak yang cerdas. Dia tak ingin hanya menjadi mc saja, tapi juga menyumbang ide untuk kesuksesan acara ini. Icon "kembali ke laptop" merupakan idenya. Soalnya dia kan dipandu dari laptop. Jadi enak aja, nggak bingung mau nanya ke narasumber.

Kini Tukul boleh bertepuk dada, kontrak demi kontrak dia terima. Kata tukul "Alhamdulillah, dulu orangtua ngasih nama Tukul, yang artinya tumbuh. Berkat doa orangtua, nama tukul yaang artinya tumbuh, sekarang ini benar-benar tumbuh. kalo di Inggriskan Mr.Growing Up. Dan sekarang saya udah memiliki rumah sendiri, tidak ngontrak lagi, abahkan sekarang udah punya banyak rumah kontrakan".

Siapa sangka, jika acara yang menggabungkan talk show, musik dan komedi ini bisa berhasil dan bertahan sampai sekarang. Bagaimana menurut pendapat anda mengenai sosok Tukul Arwana, silahkan tinggalkan komentar?



2 komentar:

  1. memang sekarang ini orang mudah stress, jadi talk show model om TUKUL itu cocok BANGET buat TEMAN dikala SENGGANG.

    mampir balik ke blog ku ya sob, di tunggu ...

    BalasHapus
  2. Sayangnya, terkadang sikap Tukul Arwana ke guest star perempuan kurang mengenakkan. Sering bikin jengah. Tapi, terlepas dari itu semua, Tukul adalah bentuk kesuksesan individu yang memulai sesuatu dari nol.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...