Senin, 16 Agustus 2010

Tips menangani anak yang cacar air

Tahukah anda mengenai Tips menangani anak yang cacar air. Namun anda juga harus mnegetaui gejala awalnya. Penyakit cacair air disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster. Penyakit menular ini lebih sering menyerang anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa orang dewasa terbebas dari serangan virus ini. Cacar air atau varisela merupakan penyakit anak-anak yang sudah ratusan tahun dikenal orang.

Gangguan yang terjadi pada tubuh diawali dengan gejala melemahnya kondisi tubuh, pusing, demam yang kadang-kadang diiringi batuk serupa dengan flu biasa. Dalam waktu 24 jam muncul bercak merah di kulit lalu berkembang menjadi gelembung kecil berisi cairan jernih. Gelembung yang pecah menimbulkan bekas luka. Bekas luka ini lah yang selalu susah dihilangkan.

Keluhan keluhan ini membuat anak tidak nyaman. Berikut Tips dari The Nemours Foundation untuk membantu anakagar tetap nyaman walupun menderita cacar air sebagaimana dikutip dari situs health day news, tipsnya antara lain:
  1. Ajaklah anak berendam dalam air hangat kuku beberapa kali sehari. Mitos tentang penderita cacar tidak boleh mandi tentulah sudah tidak cocok.
  2. Lindungi kulit anak dengan baju yang tipis dan mudah menyerap keringat.
  3. Jangan gosok kulit anak, cukup dengan tepukan berlahandengan menggunakan handuk kering.
  4. Sediakan makanan yang dihidangkan bertekstur lembut, hindari makanan berasa asam atauasin
  5. Jika gelembung cacar air dibagian kelamin, dekat mata yang berbahaya segera bawa ke dokter. Dengan begitu, dia mendapatkan obat yang benar.
  6. Tawari anak umtuk minum obat perwedanyeri, kecuali jenis aspirin. terutama bila muncul luka di rongga mulut.
  7. Konsultasiakn dengan dokter mengenai penggunaan obat lain untuk menangani keluhan gelembung dan bekas luka di kulit.
Bagaimana menurut pendapat anda tentang Penyakit cacair air? Silahkan meninggalkan komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...