Rabu, 03 Agustus 2011

Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat

Sakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini sangat menderita karena nyeri terutama di daerah persendian. Entah karena jenis makanan saat ini beraneka ragam atau faktor apa penyebabnya namun penyakit ini begitu banyak penderitanya. Sebagian besar penderita asam urat bermula karena kadar kolesterol di dalam darah.

Penyakit asam urat sangat erat hubungannya dengan gaya hidup seseorang. Terutama pola makan yang kurang sehat dan kurangnya gerak tubuh / olah raga tak teratur. Pola makan yang tidak seimbang dengan kadar protein yang tinggi. Purin merupakan dari bagian protein. Kadar protein yang tinggi dlam tubuh menumpuk menjadi purin. Kebutuhan protein harus disesuaikan kebutuhan tubuh termasuk berat tubuh, banyaknya aktifitas kita.

Pengertian asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang telah kita makan. Yang dimaksud zat purin adalah zat yang berada pada makanan yang berasal dari makhluk hidup termasuk tumbuhan maupun hewan. Zat purin yang berada di tubuh makhluk hidup yang kita makan, berpindah kedalam tubuh kita.

Zat purin di dalam tubuh manusia dapat dikeluarkan melalui pengeluaran kotoran dalam tubuh. Dikeluarkan melalui urin dan feses. Karena ginal tak mampu mengeluarkan dengan baik maka zat purin cenderung menumpuk di dalam tubuh dalam kadar yang banyak sehingga menyebabkan penyakit asam urat. asam urat yang berlebihan akan menumpuk pada daerah tertentu sehingga menyebabkan sakit.

Bagi penderita asam urat yang telah berobat ke dokter dan setelah kadar asam uratnya kembali normal akan merasakan kambuh penyakit ini. Hal ini terjadi karena potensi penumpukan zat purin kuat jika tak mengontol pola makan. Lebih baik makan karbohidrat kompleks, misalkan: roti gandum, beras merah, singkong, ubi. Jenis makanan yang harus di hindari penyakit asam urat antara lain:
  1. Makanan yang berasal dari jeroan hewan; usus, hati, rempelo/ampela, limpa, otak, jantung, dsb.
  2. Makanan yang berasal dari hewan laut; kepiting, udang, cumi, tiram, dsb.
  3. Makanan kaleng; sarden, kornet, buah, sayur, dsb.
  4. Kaldu daging dari olahan pertama kali.
  5. Minuman yang mengandung alkohol.
  6. Buah-buahan yang mengandung kolesterol tinggi: durian, alpukat, air kelapa muda, mlinjo
Bukan berarti anda tidak boleh makan semua masakan namun anda perlu mengontrol jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang boleh dikonsumsi dalam jumlah sedikit:
  1. Tahu dan tempe
  2. Ikan laut, daging sapi, daging ayam, daging kambing, dalam jumlah cukup.
  3. Sayuran tertentu yang cenderung mengandung air: cambah, tauge, kangkung, bayam, daun singkong, daun pepaya, buncis, gubis.
  4. Kacang-kacangan termasuk hasil olah masakannya, tahu, tempe.
  5. Makanan berlemak, santan, mentega, nmargarin, makanan gorengan.
  6. Lemak dapat menghambat pengeluaran purin melalui urin.
Penderita asam urat dianjurkan untuk banyak minum minimal 2 liter sehari. Minum kurang lebih 15 gelas sehari. Minum banyak akan menyebabkan pengeluaran asam urat melalui seni, mencegah penumpukan purin dalam ginjal. Penderita asam urat disankan banyak makan buah karena buah mengandung kadar air yang banyak, misalkan: semangka, melon, nanas, dsb. Ada juga yang menyarankan penderita asam urat untuk banyak mengkonsumsi buah Sirsat / buah Muris. Semoga menemukan kesehatan untuk kita semua.
.

3 komentar:

  1. Bagi saya orang yang gemuk berat mencapai 78 kg
    rentan terkena sakit asam urat.
    sakitnya nyeri di sendi bagian pinggang.

    Memang harus teliti dan menghindari dalam mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.

    salam
    Ali Wachid
    pengelola
    www.agrobuah.com

    BalasHapus
  2. postingan yang bagus tentang makanan-yang-harus-dihindari-oleh

    BalasHapus
  3. Asam urat bisa menyerang siapa saja. semua tergantung dari pola makannya saja.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...