Kamis, 07 Januari 2010

Haid Pertama bagi anak

Pada fase transisi pertumbuhan dan perkembangan bagi anak wanita selalu mengalami haid pertama yang membingungkan bagi dirinya. Untuk itulah kita sebagai orang tua seharusnya memberikan edukasi seksual. Tentu saja, dengan menggunakan gaya bahasa dan cara penyampaian yang disesuaikan dengan usia anak. Dengan demikian, agar anak tidak merasa ketakutan menghadapi fase perkembangan seksualitasnya.

Menjelang haid pertama bagi anak, seharusnya orang tua terutama ibu dan bapak harus juga mampu menjelaskan bahwa proses haid adalah proses yang wajar bagi anak wanita yang beranjak dewasa dan semua wanita pasti mengalami nya sebulan sekali kedatangannya. Malahan ketika menstruasi terlambat karena mungkin ada masalah dengan organ kewanitaannya.

Disamping siklus haid, Ibu harus menjelaskan perubahan fisik yang akan dialaminya. Misalkan, payudara membesar, terbentuknya panggul, perubahan yang terjadi pada alat kelaminnya, serta mungkin setiap haid akan mengalami dilep (nyeri haid). Anda sebagi orang tua jangan lupa mendampingi haid pertama bagi anak dan mengajarkan bagaimana cara menggunakan pembalut wanita, bagaimana cara membersihkan, apa saja yang tidak seharusnya dilakukan oleh wanita yang sedang haid (wanita muslim dilarang shalat ketika haid). Ibu harus terus mendampingi saat anak mengaalmi masa haid pertamanya dan mungkin hingga beberapa bulan kedepan hingga anak memahami apa haid itu? Memang hal ini perlu perhatian ekstra karena tergantung pada kesiapan mental danak ketika mengalami tansisi ini.

Berikut ini merupakan tip bagi anda untuk mempersiapkan haid pertama bagi anak agar menyenangkan:
  1. Sedini mungkin, Ibu membekali putrinya dengan pengetahuan seksual dan anatomi tubuh seorang wanita yang beranjak remaja.
  2. Menjelang pubertas, ibu memberikan penjelasan tentang haid dengan bahasa sederhana sesuai dengan usia anak
  3. Berikan informasi bahwa semua wanita secara alami  pasti menagalami menstruasi 
Sumber: Jawa Post; 7-1-2010

2 komentar:

  1. walaupun saya anak cowok ..
    saya harus tau ini ...
    mAkasih kak ...

    BalasHapus
  2. Walaupun anda cowok seharusnya anda memberikan info ini pada saudara dan keponakan anda

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...