Selasa, 01 Februari 2011

Jahe memiliki banyak kegunaan

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang mudah ditemui di daerah tropis seperti di Indonesia ini. Jahe memiliki banyak kegunaan. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe juga dipergunakan sebagai obat.Jahe memiliki rasa pedas di lidah dan tenggorokkan namun hangat di badan kita.

Sudah lama jahe digunakan sebagai herbal. Jahe yang digunakan sebagai bumbu masak terutama berkhasiat untuk menambah nafsu makan. Jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan sehingga dapat membangkitkan nafsu makan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak asirin yang dikeluarkan jahe. Rasanya yang tajam merangsang nafsu makan, memperkuat otot usus, membantu mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung.

Di pengobatan Asia, jahe biasanya digunakan untuk mengobati penyakit asma, batuk, diare dan  penyakit radang sendi tulang. Kandungan jahe dapat pula membersihkan tuguh melalui keringat. Minyak jahe yang memiliki kandungan gingerol yang berbau harum khas jahe. Gingeriol ini berkasiat mencegah dan mengobati mual dan muntah karena mabuk kendaraan atau mual pada wanita hamil muda. Selain itu, gingerol juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah yang merupakan penyebab terjadinya stroke dan serangan jantung.

Jahe juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jahe dapat membantu pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah sehingga darah mengalir dengan lancar serta meringankan kerja jantung ketika memompa darah. Jahe sangat mudah dibudidayakan tanpa perlu ekstra perawatan. Bagaimana menurut pendapat anda, Jahe memiliki banyak kegunaan? Silahkan meninggalkan komentar

1 komentar:

  1. makasih infonya, kunjungi juga blog saya ya untuk info lain seputar manfaat dan kegunaan jahe dan tumbuhan obat lainnya
    rumputeki.blogspot.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...