Minggu, 10 Juli 2011

Pertolongan pertama saat digigit ular berbisa

Digigit ular, janganlah panik. Perlu pertolongan pertama sebelum dilakukan tidakan medis oleh dokter. Berikut ini merupakan langkah-langkah jika digigit ular sebagai pengetahuan kesehatan umum untuk diri dan keluarga. Kita harus mengetahui bagaimanakah cara pertolongan pertama saat digigit ular. Hal ini penting untuk kita ketahui bersama. Jika kita terpatuk ular, langsung gunakan kain untuk membalut atau bahan lain yan gsejenis dan bebatkan dengan kencang untuk mengurangi aliran racun menuju jantung.

Kurangi aktifitas dan gerakan tubuh pada korban gigitan ular untuk mencegah penyebaran bisa ular. Haruslah posisikan daerah yan gterkena lebih rendah dari posisi letak jantung. Jangan pernah memperlebar luka bekas gigitan karena dapat menyebabkan infeksi dan trauma pada korban gigitan ular. Jangan pernah menghisap darah dari bekas luka gigitan ular. Selain beresiko jika ada luka pada mulut penolong, juga tidak terlalu efektif dalam mengurangi jumlah bisa yang masuk.

Penting untuk meyakinkan korban gigigtan ular bahwa kemungkinan selamatnya tinggi karena telah banyak antivenom dirumah sakit. Jangan pernah izinkan pasien untuk minum alkohol. Segera mambawa pasien ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat. Informasikan kedokter mengenai penyakit yang diderita pasien-jika diketahui seperti asma, dan alergi pada obat tertentu. Hal ini penting agar dapat memperkirakan kemungkinan adanya reaksi dari pemberian antivenom selanjutnya.

Berusaha mengenali jenis ular yang mematuk tadi, apabila anda ragu dan lebih amannya maka bunuhlah ular yang mematuk agar hasil identifikasi lebih akurat. Halini penting untuk menentukan pemberian antivenom yang monovalent, sehingga efeknya lebih tepat dan cepat. Jika tidak pun tidak  mengapa. Karena ada antivenom polyvalent yang dapat menetralisir bisa dari berbagai jenis ular.

Juga kita perlu mengetahui ketidak sukaan ular. Ular memiliki beberapa pantangan dan paling anti dengan: Garam dapur, Minyak tanah, Binatang peliharaan berkuku tajam seperti kucing, anjing dan burung hantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...