Selasa, 19 Januari 2010

Gigi sulung anak mulai lepas


Bagi anda yang memiliki anak usia 5-8 tahun akan mengalami gigi sulung anak  mulai lepas. Setiap anak pasti akan mengalami fase pergantian gigi. Pada fase pertama adalah pertumbuhan gigi susu, atau biasa disebut gigi sulung. gigi ini  muncul mulai umur kurang lebih usia 8 bulan. Lambat laun gigi susu berubah pada fase kedua yakni gigi permanen. Gigi sulung akan lepas lalu berganti dengan gigi permanent. Diantara dua fase ini terjadi lepasnya gigisulung dan tumbuhnya gigi baru permanen atau akan terjadi fase pergantian gigi.
Pada fase pergantian gigi ini mebuat anak terasa tidak nyaman. Gigi yang goyang dapat langsung dicabut. Menuruy Drg. Udijanto, kebanyakan gigi seri bagian bawah akan lepas pertama, lalu berganti dengan gigi permanen. Setelah itu, gigi seri bagian bawah dan atas yang lain akan mulai lepas bergantian dalam waktu yang kurang lebih 6 bulan.  Kondisi ini terjadi akan terjadi pada anak usia rata-rata 5-8 tahun. Tergantung dari usia tumbuhnya gigi sulung. Jika gigi sulung cepat tanggal semakin cepat pula pertumbuhan gigi permanen.
Pada masa pergantian gigi, muncul kemungkinan gigi sulung belum lepas namun kesundulan gigi permanen. Gigi sulung belum lepas namun dibelakang atau dari depannya sudah tumbuh gigi baru. Jika kondisi ini terjadi pada anak anda, jangan panik. Gigi sulung harus segera diambil. Tujuannya, tak ada tumpang tindih  antara gigi sulung dan yang permanen. Kita harus dapat mendinginkan hati dan membesarkan jiwa agar anak tidak takut disuntik ketika dicabut dokter gigi.
Biasanya, pada fase pergantian gigi, anak tak akan merasakan sakit gigi. Hal ini berbeda bila gigi sulung sudah goyah tapi tak juga lekas copot. Ketiak mengalami hal tersebut, anak baru akan merasa sakit. Gigi anak yan gsudah mulai goyah dapat dicabut sendiri oleh orang tuanya. Caranya, dapat menggunakan benang ata langsung dicabut dengan dengan jari tangan. Bila sudah sangat goyah bisa dicabut. Sebaliknya jika gigi belum jga goyah, Dokter gigi tak akan berani mencabutnya. Ciri gigi yang sudah goyah, bila digoyang dengan lidah, gigi akan bergerak-gerak.
Pada keadaan khusus gigi harsu dicabut, orang tua agar meminta anak menggerakkan lidah untuk menyundul gigi. Tiap pagi dan malam, anak dimiminta untuk melakukannya. Masing-masing sepuluh sundulan selama dua minggu. Lama-kelamaan, gigi tersebut akan goyah. Sumber: Jawapost 19-01-2010

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...