Rabu, 12 Mei 2010

Buah berwarna terang kaya antioksidan

Buah dan sayur merupakan sumber antioksidan alami. keduanya dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya. Mengapa hal ini perlu dilakukan? karena anti oksidan diyakini dapat menangkal radikal bebas pencetus penuaan dini serta terbentuknya sel-sel kanker. Buah yang ada di pasaran, ada beberapa buah yang mengandung kaya antioksoidan terutama yang berwarna terang. Contohnya buah manggis atau dengan nama lain Garnicia Mangostana memiliki kandungan  antioksidan terutama pada bagian buah dan kulitnya. 

Dari beberapa penelitian, manggis menghasilkan xanthone dari hasil isolasi kulit. xanthone memperlihatkan aktifitas anti inflamasi dan antioksidan sekaligus mencegah pertumbuhan sel kanker. Menurut ahli gisi RSAL. dr. Ramelan Surabaya, Yayuk Estuningsih mengatakan bahwa kandungan antioksidan pada daging buah manggis tak berbeda dengan buah yang lain. Sedangkan kulit manggis tidak langsung dapat dimakan, harus melalui proses ekstrak dulu. Masalahnya adalah tidak dijamin kadar oksidan tetap sesuai dengan kebutuhan setelah kulit buah ini diekstrak. Dia menyarankan supaya makan buah fresh, maksudnya tidak melalui proses kimia dahulu ketika hendak kita konsumsi. 

Kadar  oksidan biasanya tinggi pada buah berwarna mencolok seperti tomat, stroberi, pepaya, semangka, dan buah kiwi. Misalnya buah semangka dapat diperoleh tanpa bergantung pada musim apa. Daging buah rendah kalori, selainitu daging semangka mengandung air, protein, karbohidrat, lemak, serat, dan vitamin a, b,c. Buah ini mengandung asam amino, sitrulin, arginin, kalium dkstrosa dan sukrosa.  sitrulin dan  arginin berperan dalam pembentukan urea(dalam hati) dari ammonia dan co2 hingga keluarnya urine meningkat. Artinya buah ini berkhasiat untuk peluruh kencing.

Kandungan kalium pada semangka pun cukup tinggi. ini membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. semangka dapat langsung dimakan atau dijus. semangka yang berbiji alami adalah lebih baik. kalebihan semangka tidak dipantang oleh semua umur. termasuk mereka yang mengalami masalah pencernaan, semangka justru melancarkan pencernaan karena kandungan aiernya yang cukup tinggi. Bagaimana menurut pendapat anda? Silahkan meninggalkan komentar

3 komentar:

  1. makasih infonya mba ^^

    selamat pagi dan have a nice day ya....

    BalasHapus
  2. selamat pagi,..mba blm update lg ya....

    BalasHapus
  3. thank,s bgt infonya mbak...
    jd pengen mkan buah nie hehhe..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...