Kamis, 16 Desember 2010

Bahaya merokok dan minum alkohol mengancam kepala dan leher

Berbahagialah untuk anda orang yang tidak merokok dan minum alkohol. Karena InyaAllah, anda akan terhindar dari faktor pemicu kanker kepala dan leher. Begitu dahsyatnya bahaya merokok dan minum alkohol yang dapat mengancam kesehatan dan nyawa kita.

Informasi dari Healthway Medical Singapura menyebutkan bahwa kaum pria perokok lebih beresiko terkena kanker kepala dan leher dibandingkan dengan kaum perempuan. Henad 7 Neck & Neck Surgery Center Singapura juga mengungkapkan bahwa perokok beresiko 12 kali terkena kanker kepala dan leher karena tembakau mengand;ung 43 agen karsinogen.

Menurut dr. Dennis TH Lim, kanker kepala dan leher menyerang pria dan wanita yang gemar merokok dan sering minum minuman beralkohol. Namun, angka penderitanya lebih banyak kaum pria, bukan tidak mungkin kondisinya akan berubah karena trend saat ini wanita perokok juga mulai banyak. Kanker kepala dan leher ini ada tiga jenis yakni kanker mulut meliputi kanker tenngorokan, pita suara, sinus paranasal dan telinga lalu jenis kedua kanker hidung dan ketiga kanker kelenjar tiroid di leher. Kanker mulut, selain merokok faktor resiko terkena kanker juga disebabkan karena minum alkohol, mengunyah daun sirih serta terserang Human Papilloma Virus (HPV).

Perlu diketahui awal gejalanya, kanker mulut gejalanya dengan munculnya bisul atau sariawan yang tak kunjung sembuh pada mulut, suara serak, kesultan menelan, merasa ada gumpalan pada tenggorokan atau gumpalan pada leher. Sedangkan Kanker hidung disebabkan oleh virus, pola makan yang tak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi ikan asin serta faktor keturunan.Gejalanya bagian leher ada benjolan berdahak, dengung pada tlinga dan kurangnya pendengaran serta sering sakit kepala. 

Sementara kanker tiroid secara umum dikeluhkan sebagai bintil tiroid yang tak menyebabkan nyeri. Penyebabn;ya karena faktor genetik, radiasi ionisasi, cherobil, belarus serta idiopathic. Semua penyakit kanker ini disembuhkan dengan pengobatan ridioterapi, kemoterapi dan pembedahan. Bagaimana menurut pendapat anda Bahaya merokok dan minum alkohol? Silahkan meninggalkan komentar

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...